Telusuri

Pilihan Editor

Lebih Produktif Dengan Asus VivoBook S14 S433 Dare To Be You

Hidup tanpa batas bukan berarti hidup melampaui batas. Hidup tanpa batas adalah ketika melakukan aktivitas tanpa kesulitan dan hamba...

Sabtu, 06 Juni 2020

Malang: Kota Pendidikan dan Kota Yang Dirindukan



Daerah Malang terbagi menjadi tiga, yakni Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu, yang kemudian dikenal dengan kawasan Malang Raya. Hal ini sering keliru disebut oleh masyarakat luar daerah, padahal tiga daerah di atas merupakan tiga daerah administrasi yang berbeda.

Situasi pandemi ini seakan menjadi beban psikologis baru bagi pendatang di kota malang, khususnya mahasiswa. Kuliah dari rumah rasanya kurang memuaskan. Dua bulan lebih berpisah dengan kota malang, siapa yang tahan untuk tidak merindu. Kamu tidak bisa tahan lama untuk tidak kembali. Sekali ke Malang, pasti ingin kembali lagi. Suasana yang sejuk membuat siapapun merasa nyaman dan damai walau hanya mampir sebentar untuk melepas penat setelah perjalanan panjang.

Kota Malang mendapatkan berbagai julukan yang menjadi identitas atau symbol dari ciri khasnya. Diantaranya sebagai Kota Bunga, Bumi Arema, Kota Kipa (Apik) yang artinya Kota Bagus. Namun yang paling menjadi sorotan adalah Malang sebagai kota pendidikan. Kemudian ditambah menjadi Kota Pendidikan yang selalu dirindukan.

Malang Kota Pendidikan


Alasan yang kuat bagi Kota Malang untuk menyandang predikat Kota Pendidikan banyaknya jumlah perguruan tinggi di Kota Malang. Terdapat setidaknya 86 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Malang Raya, 36 diantaranya berada di Kota Malang.

Perguruan tinggi yang banyak membuat mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia penuh sesak di Kota Malang. Beberapa kampus terkemuka di Indonesia berada di Kota Malang, sehingga kerap dijadikan referensi pertama untuk melanjutkan pendidikan disandingkan dengan Jogjakarta, Semarang, dan Surabaya.

Julukan sebagai Kota Pendidikan sudah ada dari masa kolonial. Dukut Imam Widodo dalam kitabnya yang berjudul Malang Tempo Doeloe Djilid Satoe (2006) menyebut pada tahun 1914 dataran tinggi ini baru memiliki 8 sekolah. Kemudian pada tahun 1930 dan seterusnya jumlah sekolah mengalami peningkatan pesat.

Pada mulanya pelajar adalah berasal dari kawasan jawa timur saja hingga akhirnya berdatangan dari pelosok negeri dan manca negara. Perkembangan pesat jumlah lembaga pendidikan sangat terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk.


Kampus Terbaik Indonesia Ada Di Malang





Setidaknya ada beberapa alasan anak bangsa untuk berkuliah di Kota Malang. Banyaknya pilihan perguruan tinggi di Kota Malang menjadi daya tarik. Beberapa univeristas terbaik tanah air ada di kota ini. Sebut saja Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Universitas Brawijaya (UB) merupakan uiversitas negeri yang berakreditasi A dan memiliki setidaknya 16 Fakultas dan 166 program studi mulai DIII – S3. Dilansir dari websitenya, kemarin UB menerima 13.214 Mahasiswa baru.

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan deretan kampus favorit di Kota Malang. Selain karena universitas negeri, UM menjadi pilihan karena memiliki akreditasi A. Terdapat 8 fakultas dan program pasca sarjana dengan 100 program studi D3 hingga S3. UM menerima 6.975 mahasiswa baru pada tahun ajar 2019 kemarin.

Jika universitas negeri kurang diminati bagi sebagian orang, maka Kota Malang juga memiliki universitas swasta terkemuka di Jawa Timur, Indonesia, bahkan Internasional. Bermotto “Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa”, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses memikat tiga puluh ribu lebih pendaftar di setiap tahun ajar baru. UMM memiliki 11 Fakultas dengan 65 program studi mulai D3 hingga S3.



Tiga kampus di atas merupakan kampus yang paling sering mendapat penghargaan dan prestasi. Masih banyak kampus di Kota Malang yang juga memiliki nama besar di Indonesia, seperti Universitas Gajayana, UIN Malang, ITN, Polteknik Negeri Malang, dan sebagainya. Dengan banyaknya suguhan universitas yang berbagai jenis juga turut mendambah keakuratan julukan Kota Malang sebagai Kota Pendidikan.

Malang Kota Pendidikan Yang Dirindukan




Jika anda alumni mahasiswa atau masih mahasiswa dari salah satu kampus yang berada di Kota Pendidikan ini. Mungkin saat ini anda sedang ingin kembali menikmati suasana kota yang khas dengan udara yang sejuk dan dingin ini. Hal ini wajar sebab iklim akademis di Malang sangat khas dan cocok untuk belajar tak kenal ruang dan waktu.

Selain iklim akademis, kondisi geografis Malang Raya sangat cocok untuk berwisata. Tempat apa yang kalian rindukan atau ingin datangi kembali di Malang? Paralayang Batu, Coban Rondo, Omah Kayu, Kampung Warna-Warni Jodipan. Wisata alam maupun buatan di kawasan Malang Raya selalu menarik untuk dikunjungi lagi dan lagi.

Suasana malam Kota Malang yang penuh sesak dengan kumpulan mahasiswa atau muda-mudi di berbagai sudut kota memberi kesan tersendiri. Di mana ide-ide produktif muncul melalui diskusi kecil sembari ditemani secangkir kopi dan angina malam. Bagi yang mau cari tambahan uang jajan, berkerja di salah satu tempat itu juga dapat dilakukan, bahkan kerja sambil kuliah menjadi tren bagi kehidupan mahasiswa.



Biaya hidup yang bersahabat menjadikan Kota Malang ramah bagi siapapun. Berwisata alam maupun wisata kuliner halal bagi semua kalangan. Tak heran jika pada hari Sabtu dan Minggu tempat wisata dipenuhi oleh mahasiswa dan pekerja yang tengah libur untuk sekadar mengistirahatkan pikiran dari rutinitas kampus dan kantor.

Kota Malang itu macet tipis-tipis. Maksudnya, jalanan di selalu ramai tapi lancar, hidupmu ga akan kesepian. Banyak komunitas di Kota Pendidikan ini, cari yang sesuai dan bermanfaat bagi kehidupanmu. Ini adalah kesempanmu untuk mencari lebih banyak pengalaman hidup dan teman baru, atau mungkin kamu bisa mendapat bonus teman hidup.

Kota Malang tidak bisa dilupakan. Masyarakatnya, kampus-kampusnya, tempat nongkrong muda-mudinya, wisatanya. Pokoke, ayas umak utas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar