Telusuri

Pilihan Editor

Lebih Produktif Dengan Asus VivoBook S14 S433 Dare To Be You

Hidup tanpa batas bukan berarti hidup melampaui batas. Hidup tanpa batas adalah ketika melakukan aktivitas tanpa kesulitan dan hamba...

Senin, 22 Juni 2020

Mengolah Alam Bawah Sadar Menjadi Manusia Super Canggih


Pernahkah kita berpikir bagaimana otak berkerja? Bagaimana cara kita memutar kembali ingatan-ingatan yang pernah terjadi? Bahkan bagaimana kita bisa membayangkan hal abstrak yang akan terjadi dikemudian hari atau menggambarkan kemungkinan-kemungkinan dari yang kita perbuat?

Ini juga terjadi ketika jari-jari kita dengan lentiknya mengetik di atas keyboard, memilih huruf, menghapus, dan memberi tanda baca. Atau pada kegiatan sehari-hari lainnya, ketika berjalan, bersepedah, makan, bercengkrama dengan sesama dan sebagainya. Pernahkah kita merasa bahwa ada gerakan-gerakan tertentu atau respon terhadap stimulus yang bahkan kita tidak merencanakan untuk memberi respon demikian.

Alam Bawah Sadar Melahirkan Respon Fisik




Umumnya, banyak dari kita lebih memilih membahas hal-hal konkrit dalam kehidupan sehari-hari, problematika yang dihadapi saat ini, ataupun berbicara bisnis. Namun, pikiran bawah sadar adalah sebab utama mengapa fisik kita bisa merespon berbagai bentuk stimulus dengan cepat tanpa perlu berpikir dengan waktu lama. Dan alam bawah sadarlah yang membentuk karakter kita sesungguhnya.

Saat bangun tidur, sebagian besar kita akan melihat jam/waktu. Sebagian yang lain akan memeriksa ponselnya. Atau masih ingatkah kita kaki sebelah mana yang pertama kita injakkan setiap kali bangun tidur/turun dari ranjang?

Ternyata otak memiliki sebuah dapur pribadi canggih untuk memasak sebuah hidangan yang besar manfaatnya bagi kita. Otak kita memasak dengan menerima informasi, mengolahnya, dan mengirimkan kepada saraf-saraf kita. Untuk tambahan, tubuh kita memiliki dua jenis saraf, yakni saraf pusat dan saraf tepi.

Otak yang sudah mengirim hidangan melalui saraf itulah yang menggerakkan fisik kita secara tidak sadar. Hasil proses memasak ini lah yang kita sebut dengan alam bawah sadar. Tanpa kita sadari, alam bawah sadar kita terus berproses dalam setiap aktivitas kita.


Unsur Alam Bawah Sadar Manusia


Alam bawah sadar terdiri dari perasaan, intuisi, dan ingatan. Alam bawah sadar merupakan bagian dari pikiran kita. Pikiran kita terdiri dari pikiran sadar dan pikiran bawah sadar(alam bawah sadar).

Perasaan merupakan sebuah dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan sesuatu yang bisa berimbas positif ataupun dampak negatif. Kemudian intuisi bisa diartikan kemampuan untuk memahami suatu hal tanpa melalui proses berpikir yang lama(rasional dan intelektual), semua berlangsung begitu saja secara cepat.

Sementara itu, Ingatan atau memori yaitu sebuah kemampuan untuk menyimpan, mempertahankan, dan mengingat kembali sebuah kejadian, peristiwa, atau aktivitas yang pernah dilakukan. Sehingga apabila digabungkan antara perasaan, intuisi, dan ingatan atau memori tersebut dapat menjadikan manusia super canggih.

Manusia Super Canggih







Ketika kita sudah menyadari bahwa alam bawah sadarlah yang banyak mempengaruhi keputusan kita dalam berbuat sesuatu, maka hal ini perlu kita olah. Pengolahan alam bawah sadar dimaksudkan agar respon terhadap stimulus adalah suatu perbuatan, sikap, dan perkataan positif.

Langkah hidup akan semulus aspal eropa ketika pikiran sadar dan pikiran bawah sadar mampu bersinergi. Suatu hal perlu untuk direncanakan oleh pikiran sadar. Kemudian dibiasakan oleh dorongan perasaan. Selanjutnya dikerjakan dengan senang hati oleh intuisi. Seterusnya adalah perbaikan-perbaikan dari apa yang pernah terlewati.

Ketika sebuah planning (rencana) hidup sudah tersusun rapi dan matang oleh alam sadar (pikiran sadar) selanjutnya akan menjadi sebuah kebiasaan baik oleh pikiran bawah sadar (alam bawah sadar).

Sementara manusia super canggih adalah manusia yang telah mampu mengakrabkan alam sadar dengan alam bawah sadarnya. Manusia super canggih sudah memiliki konsep hidup yang matang dan mampu menjadikannya sebuah kebiasaan yang berdampak positif bagi banyak orang. Konsep dan Kebiasaan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup diri sendiri dan orang di sekitarnya.





New Post


Tidak ada komentar:

Posting Komentar