Telusuri

Pilihan Editor

Lebih Produktif Dengan Asus VivoBook S14 S433 Dare To Be You

Hidup tanpa batas bukan berarti hidup melampaui batas. Hidup tanpa batas adalah ketika melakukan aktivitas tanpa kesulitan dan hamba...

Senin, 08 Juni 2020

Wisata Kuliner, Cobain Rujak Soto Khas Banyuwangi. Rujak Tapi Soto?


Ari Lasso TV

Banyuwangi merupakan daerah paling timur Pulau Jawa dan termasuk ke dalam provinsi Jawa Timur. Selain dikenal dengan destinasi wisata yang menarik banyak pengunjung lokal dan mancanegara setiap tahunnya, ternyata banyuwangi memiliki makanan khas yang popular di Indonesia.

Hampir setiap kota besar di Indonesia terdapat kedai yang menjual makanan khas Banyuwangi, yakni Rujak Soto.

Saat ini memang rujak soto khas Banyuwangi banyak di temukan di berbagai daerah. Namun yang benar-benar khas tentunya hanya ada di Banyuwangi dong ya?

Kalau kamu sedang berwisata di Banyuwangi atau perjalanan melewati Banyuwangi, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas satu ini


Soto Tapi Rujak, Rujak Tapi Soto

Rujak dan Soto merupakan kuliner khas Indonesia. Rujak dikenal dengan bumbu yang digunakannya, yakni kacang tanah, petis, dan cabai. Rujak terbagi menjadi rujak sayur dan rujak buah. Sedangkan soto dikenal dengan kekhasan kuahnya.

Makanan Apa?

Rujak Soto merupakan perpaduan antara kedua jenis kuliner ini. Perpaduan antara makanan kuah dan makanan semi kering. Inilah yang menjadi daya tarik Rujak Soto khas Banyuwangi.


Pertama, Membuat Rujaknya.

Dalam Rujak Soto yang digunakan adalah rujak sayur, coba bayangkan jika menggunakan rujak buah. Seperti apa rasanya ya.. (?)


Sayur-sayur yang dibutuhkan dalam rujak seperti kangkung, bayam, tauge, kubis atau kol, kacang panjang, mentimun, dan lainnya sesuai keinganan. Rujak juga bisa ditambah lontong, tahu goreng, tempe, atau cingur sapi.

Kemudian untuk bumbu rujak bisa menggunakan resep sederhana yakni kacang tanah, cabai, bawang putih, petis, garam, gula merah, yang kemudian dihaluskan hingga mantap.

Kedua, Membuat Kuah Sotonya.

Bahan-bahan untuk membuat kuah soto adalah air, putih serai yang dipukul terlebihh dahulu, daun jeruk, garam, gula pasir, daun bawang, minyak, bawang merah dan bawang putih, kunyit yang dibakar, kemiri, jahe, merica, dan ketumbar.

Finishing

Setelah membuat keduanya, siapkan rujak dalam mangkuk dan tuangkan kuah sotonya. Untuk penyajian, Rujak Soto bisa diberi tambahan atau topping seperti telur asin, daging ayam, daging sapi, ataupun babat(bagian dalam perut hewan seperti sapi, kerbau) atau dalam bahasa jawa disebut Jeroan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar