Telusuri

Pilihan Editor

Lebih Produktif Dengan Asus VivoBook S14 S433 Dare To Be You

Hidup tanpa batas bukan berarti hidup melampaui batas. Hidup tanpa batas adalah ketika melakukan aktivitas tanpa kesulitan dan hamba...

Selasa, 09 Juni 2020

Mengenal Rendang Lebih Dalam, 7 Hal Menarik Yang Jarang Diketahui Dari Masakan Rendang



Rendang, makanan ikonik dari rumah makan padang. Tanpa rendang, rumah makan kurang pas disebut rumah makan padang. Setuju bukan? Untuk mengukur keberhasilan ramah makan padang adalah dengan mencicipi cita rasa rendang.

Rendang adalah makanan khas daerah yang ada di Indonesia. Nama rendang mencuat ke permukaan pencinta kuliner karena cita rasanya yang sudah mendunia dank has remah-rempah Indonesia.

Pernahkah anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai rending? Atau ah sudahlah yang penting aku sudah pernah mengkonsumsinya?

10 Hal menarik dari rendang ini sayang untunk dilewatkan, apa saja?

1. Filosofi Rendang

Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat minangkabau. Filosofi ini dihasilkan dari bahan-bahan dalam membuat rendang.

Dagiang, artinya daging sapi yang bermakna niniak atau mamak (kepala suku adat).
Karambia, artinya kelapa yang bermakna simbolis dari cadiak pandai atau kaum intelektual.
Lado, artinya cabai yang bermakna alim ulama yang tegas untuk mengajarkan syariat agama.
Pemasak, artinya bumbu yang bermakna keseluruhan masyarakat minang yang bersatu.

2. Rendang Adalah Menu Bangsawan

Dahulunya, rendang adalah menu khusus yang hanya bisa dikonsumsi oleh bangsawan. Hal ini karena rendang berbahan utama daging kerbau yang pada saat itu hanya kaum bangsawan yang mampu membelinya dengan harga yang mahal.

3. Penghargaan The Most Balanced Food

Pada tahun 2012, di bulan Januari, rendang mendapat penghargaan The Most Balanced Food dalam acara LA Travel And Adventure Show, di Los Angeles, Amerika Serikat

4.  Penghargaan World Best Foods Reader Vhoice

Tahun 2017 rendang dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 1 di dunia, ini bersamaan dengan nasi goreng di peringkat 2 dan sate diperingkat 14. Penobatan ini dilakukan oleh CNN berdasarkan pilihan pembaca internasional.

5. Proses Memasak Yang Lama

Resep Rendang Sapi Khas Padang yang Empuk dan Praktis
Tidak semua masakan daging sapi atau kerbau yang berkuah santan bisa disebut rendang. Rendang hanya digunakan untuk olahan daging sapi yang dimasak berjam-jam hingga kuah mongering dan meresap ke daging. Ini membutuhkan waktu berjam-jam sehingga daging empuk dan rempah-rempahnya terasa.

6. Terkenal Ke Mancanegara

UAJ_Reaksi Orang Asing Coba RENDANG !!!_ISS2017 - YouTube
Penghargaan yang diraih oleh rendang merupakan salah satu mengapa rendang bisa menjadi terkenal di dunia kuliner internasional. Selain itu, kearifan lokal Indonesia pada bidang kuliner memang telah diakui oleh turis mancanegara.

7. Citra Rasa Universal


Diketahui rendang memiliki cita rasa seperti makanan India dan Eropa. Bisa dikatakan bahwa semua orang dari negara yang keadaan geografis berbeda mampu menerima cita rasa rendang dengan optimal.

New Post


Popular Post

Pendidikan: Otak Membeku Hati Membatu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar